Persiapan Mengendarai Sepeda Motor


Sepeda motor saat ini bukan hanya sebagai alat untuk sekedar berkeliling komplek, menjangkau pasar, minimarket, atau beberapa tempat laiinya disekitar rumah. Kini motor lebih banyak digunakan sebagai transportasi jarak jauh untuk menjangkau tempat kerja.

Bisa jadi, karena motor dianggap sebagai salah satu moda transportasi yang bisa hemat waktu dan bahan bakar. Terlebih mengingat kemacetan yang kian menggila. mengingat jauhnya jarak yang ditempuh, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berkendara. hal ini penting untuk menghingdari kemungkinan mogok di jalan atau kecelakaan fatal akibat hal yang sepele, seperti bensin habis atau banm kempes.

Sebelum duduk di jok motor, ada baiknya jika anda melakukan beberapa langkah penting :

Pertama, nyalakan mesin. Sebelum kunci di putar ke posisi on, sebaiknya lakukan kick starter terlebih dahulu sebanyak 3 kali. hal ini akan membantu sistem pelumasan pada komponen mesinnya karena selama proses waktu didiamkan, oli akan cenderung mengendap di bak mesin. baru setelah itu di-starter biasa, baik menggunakan engkol atau dengan menekan tombol elektriknya.

Sambil melakukan pemanasan, periksa keberadaan bensin di tangki lewat indikator yang terdapat pada bagian dasbor motor. Pertiksa juga komponen lainnya. pastikan grip gas tidak tersangkut saat diputar. Demikian juga dengan tuas dan kabel kopling.

Selanjutnya periksa juga kerja rem depan dan belakang yang sangat berguna untuk keselamatan. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban. umumnya untuk pemakaian harian, tekanan pada ban depan dibuat 19-20 psi dan 22 psi untuk ban belakang.

Setelah itu, periksa pula kekencangan rantai. Atur kekencangannya dengan baut pengatur. Periksa juga fungsi klakson dan lampu-terutama lampu rem- agar tidak terseruduk oleh kendaraan yang lain saat mengerem mendadak.

Terakhir, pastikan Surat tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi jenis C tersimpan di dompet yang anda . Dengan memeriksa kelengkapa seperti ini, berkendaraan pasti akan jauh lebih nyaman.

Sumber : Harian Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: